AYO NIKAH

DSCN1381

Nikah secara bahasa artinya kumpul atau menginjak, sedangkan secara istilah Islam mengartikan sebuah bentuk Aqad/ikatan yang menjadi perantara dilegalkannya melakukan hubungan seksual*. Nikah merupakan salah satu cara Allah menjaga manusia dari berbuat dosa, mengangkat derajat makhluknya, memenuhi kebutuhan biologis dan meningkatkan derajatnya. Bukti perintah Allah antara lain :

download

Dan kawinkanlah orang-orang yang sendirian di antara kamu, dan orang-orang yang layak (berkawin) dari hamba-hamba sahayamu yang lelaki dan hamba-hamba sahayamu yang perempuan. Jika mereka miskin Allah akan memampukan mereka dengan karunia-Nya. Dan Allah Maha luas (pemberian-Nya) lagi Maha Mengetahui.

Sebagai umat Rasululullah seyogyanya kita ittiba’atau ikut perilaku beliau sebagai wujud rasa cinta dan taat perintahnya, dalam sebuah hadits Nabi Muhammad SAW¬†memerintahkan kita untuk berbekal ( menikah ),Beliau melarang tidak kawin ( untuk maksud bersibuk ibadah ) dengan larangan yang keras. Dan Beliau bersabda :
” Kawinilah perempuan yang kamu cintai dan yang mencintaimu dan yang berpotensi banyak anak, karena sungguh aku membangggakan umat yang banyak dari kalian kelak di hari kiamat “.

Keteladanan juga ditunjukkan para sahabat Nabi, orang-orang ini yang menyaksikan langsung kehidupan sehari-hari Rasulullah. seperti ungkapan Umar bin Khatab yang menyatakan bahwa “Tidak ada yang menolak untuk menikah kecuali orang yang lemah atau durhaka” sedangkang Ibnu Abbas mengatakan “Tidaklah sempurna ibadah seseorang (yang beribadah) sehingga dia menikah”

Dalam sebuah pendapat ulama “keunggulan orang yang berpasangan (suami istri) atas orang yang tidak berpasangan ibarat unggulnya orang yang berjihad atas orang yang duduk-duduk (tidak berjihad), satu rakaat orang yang memiliki pasangan lebih utama daripada 70 rakaat orang yang tidak memiliki pasangan”**

*Abdul Hamid asy syarwani “hawasyi asy Syarwani” juz 9 hal 4 Dar al Kutub al Ilmiyah

** Muhammad bin abdul qodir “kitab an-Nikah” hal 6. kediri

Pos ini dipublikasikan di Jaran Ngibadah. Tandai permalink.

2 Balasan ke AYO NIKAH

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s