gebyar seni dan rohani

jadwal pentas

salah satu hajatan terbesar di kabupaten magelang dalam bidang kesenian setelah Festival lima gunung adalah haflah atasyakur wal ikhtitam di API tegalrejo (Asrama Pendidikan Islam), acara ini telah berlangsung lama, pondok pesantren yang didirikan oleh K.H Chudlori 68 tahun silam bertujuan mencetak mubaligh-mubaligh jempolan.

jamaah ya jamaah

setelah K.H Chudlori wafat dilanjutkan oleh putera-puteranya yaitu K.H Abdurrahman alm, K.H Muhammad alm dan K.H Yusuf. pagelaran seni pada setiap khataman adalah gagasan K.H Muhammad jauh sebelum Festival lima gunung ada. pondok pesantren yang sangat toleran namun disiplin kuat, contoh toleran adalah menjadi tempat perlindungan bagi pengikut PKI saat mereka akan dihakimi oleh massa, kesalahan mereka hanya hukum yang berhak memutuskan. sedangkan contoh disiplin adalah memakai peci dimanapun dan kapanpun serta makan sederhana maksimal lauk tempe dan tahu kecuali hari jumat. salah satu tokoh fenomenal yang pernah mondok adalah K.H Abdurrahman Wahid atau Gus dur selama kurang lebih 2 tahun.

main stage kethoprak

setiap khataman pada bulan sya’ban / ruwah sebelum acara puncak selama enam hari diadakan berbagai pementasan kesenian dan karnaval. juga ada band ibukota yang pentas seperti tahun kemarin J-Rock dan tahun ini seventeen. setiap pengunjung atau penonton kesenian ketika memasuki lapangan diharapkan membaca fatihah agar pelaku seni tetap dalam koridor agama.

jauh-jauh dari jakarta

suasana lapangan penuh sesak oleh warga karena seperti layaknya pasar malam berbagi pedagang tumpah ruah dan berbagai wahana khas tersedia seperti tong setan, kora-kora, mandi bola, kereta mini dan masih banyak lagi. salah satu tujuannya adalah menarik perhatian warga untuk datang sehingga secara tidak langsung ikut mengaji.

duduk bersandar pohon menikmati wejangan K.H Iskandar dan Abdullah Faqih dari langitan

pukul 20.00 wib PBNJ yang datang bersama istri langsung menuju lapangan karena acara belum dimulai, usia menikmati keriuhan penonton dan makan bakso langsung mencari tempat ternyaman untuk mendengarkan pengajian. bukan hal mudah mencari tempat strategis karena ribuan jamaah yang hadir memenuhi berbagai sudut dan jalanan. pondok ini terbesar di Magelang dengan sekitar 5000 santrinya. bahkan untuk memata-matai kedisiplinan santri saat hari jumat, pengasuh mempunyai intelijen yang disebar serta diberi kendaraan operasional (motor) untuk menyamar dalam pemantauan.  hari jumat adalah hari libur sehingga banyak santri ke kota membeli kebutuhan, namun kadang ada oknum santri yang menonton di bioskop atau melepas peci maka merekalah yang diciduk dan dihukum. maaf ga ada gambar karena sulit mencari keberadaan intelijen tersebut.

alm K.H abdurrahman. doc pribadi

acara usai pukul 01.00 malam dan PBNJ langsung pulang karena keesokan harinya harus bekerja sehingga tidak menonton pagelaran ketoprak di panggung utama grup rabiyes

bonus

K.H Yusuf, Hj Sinta Nuriyah, bodyguard dan PBNJ

Iklan
Pos ini dipublikasikan di pelajaran, performance. Tandai permalink.

3 Balasan ke gebyar seni dan rohani

  1. cafebiker berkata:

    ngganteng’e rek

  2. nanared berkata:

    mantap,nuansa islaminya keliatan sekali
    nitip lapak ya
    http://www.nanared.wordpress.com/2011/07/18/akhirnya-bisa-ngeblog-lagi/
    SALAM KARET BUNDAR

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s