Relawan Merapi Tersenyum

lentera dan replika gunung merapi

malam ini PBNJ menghadiri undangan syukuran relawan merapi, acara ini merupakan ending dari rangkaian bantuan untuk korban merapi. saat lereng merapi mulai sedikit reda namun masih sedikit hujan abu, dua anggota VOC (Velocipede Old Classic) Magelang bro kelik dan sani mensurvey dusun babadan desa paten kecamatan dukun kabupaten magelang. mereka berkesimpulan bahwa bantuan yang tepat untuk kelanjutan hidup warga pasca merapi adalah air.

onthelis for merapi

Dusun babadan adalah dusun yang terdekat dari puncak merapi, terletak 5,3 KM dari puncak merapi. tepatnya di Pos Pengamatan Babadan, dihuni oleh 232 KK atau sekitar 1100 warga dusun. Sebelum bencana Merapi terjadi, Dusun Babadan 1 sudah ada aliran air bersih dari Sungai melalui pipa peralon dari sumber mata air Sungai Tlinsing, tetapi setelah Merapi meletus dan banjir lahar dingin menerjang Sungai Tlinsing maka saluran air mengalami kerusakan parah, peralon-peralon pun hilang tersapu banjir lahar dingin. koordinasi dengan sesama onthelis terjalin hingga pusat yaitu KOSTI (KOmunitas Sepeda Tua Indonesia). dana terkumpul kurang lebih 18jt. setelah merapi benar-benar reda dibangunlah instalasi air tersebut sepanjang 2150 m dengan sekitar 230 pipa paralon pvc ukuran 1.5′ yang menghabiskan dana sekitar 25jt.

lembah yang mulai hijau. doc kosti

sekarang, merapi tertidur kembali meski ancaman lahar dingin masih mengancam namun warga dan relawan yang berjuang berhak tersenyum. acara yang bertempat disebuah pasar desa banyurojo dimulai pukul 20.00 wib. PBNJ yang datang sendiri usai salat isya langsung foto-foto. acara ceremonial namun santai dipandu mbak yang entah siapa namanyadimulai dengan pembukaan, sambutan penasehat VOC oleh pak dwi arso (owner Gazelle limited edition yang spakbornya berlist emas), sambutan ketua oleh agung dragon (owner onthel dragon yang remnya adalah cikal bakal cakram) dan selanjutnya PBNJ memimpin doa baru kemudian pemotongan tumpeng oleh mbah bejo diberikan kepada anggota termuda sebagai simbol tongkat estafet klub yang telah 8 tahun eksis. lalu penyerahan piagam dari KOSTI pusat kepada 24 punggawa VOC atas kontribusinya. PBNJ ga dapet lha wong ga ikut karena bentrok dengan acara lain. acara berikutnya makan-makan sederhana dengan menu rica-rica namun pake “pincuk” diiringi lagu-lagu oleh organ tunggal arifa, sebagai partisipan PBNJ duet dengan mbak aning purwa menyanyikan lagu “mlebes”. silih berganti lagu dinyanyikan membuat semua berjoget ria. PBNJ pulang karena capek pukul 23 meski lagu malam terakhir belum usai.

terimakasih teman-teman, semoga setiap tetes air yang mengalir menjadi penghapus dosa bagi kita, amin

mbah bejo yang sudah PBNJ anggap seperti mbahku sendiri dan aku seperti cucunya

sebagian tamu undangan

narsies

Pos ini dipublikasikan di Jaran Angin. Tandai permalink.

16 Balasan ke Relawan Merapi Tersenyum

  1. si pb berkata:

    pret-tamax

  2. kangmase berkata:

    burem kabeh pak!

  3. #99 bro berkata:

    burem fotone… bening niate..

  4. dhuwur berkata:

    sajak’e jakete kegeden yah? hehehe,,,

  5. abeng why ©2011 berkata:

    Amin pak,
    pit onthele di gantung ki lha balik’e pripun?

  6. Maskur berkata:

    Lelaki penghibur..wkwjwkkk

  7. ipanase berkata:

    hihhihhi,,,,,,senyum

  8. bejo berkata:

    apik kabeh

  9. si oom as varioputiih berkata:

    woa, so sweeet🙂

  10. Ping balik: Tentang Alexa « Learning To Live

  11. dnugros berkata:

    mripatku sing wis burem opo gambare sing cetho ya?

  12. dany :) berkata:

    Apik kie..🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s