Guru ngonthel dimana engkau?

kemarin atau besok jika anda mengantar anak atau keponakan ke sekolah bisa, dipastikan tidak akan kita temui lagi guru yang mengendarai sepeda seperti halnya kita dulu.

inilah bedanya, guru jaman dulu jarang ber titel S.Pd namun ramah lingkungan dengan bersepeda, guru sekarang bertitel S.Pd namun ko pada pake motor, padahal khan kepanjangannya  sekarang Sepeda Pancal doang hehehe jas kiding.

kembali ke topik,,,

mungkin anda salah satu siswa yang dulu memiliki rutinitas yang penuh semangat ketika menyongsong pak guru saat beliau masuk halaman sekolah. menjadi sebuah kebanggaan ketika membawakan tas pak guru apalagi menuntunkan sepeda beliau,,,,

seperti laskar pelangi namun itulah potret kehidupan di sekolah kisaran tahun 70an – 90an awal.

gambar hanya ilustrasiguru sekarang, , , , ,

mungkin 1 guru ngonthel berbanding 1000  guru bermotor, banyak faktor yang mempengaruhi beralihnya dari sepeda ke motor, antara lain : kesejahteraan meningkat, tempat kerja jauh, mobilitas tinggi (sering rapat), gengsi dan lain lain. Dari sisi murid, siswa sekarang juga ga terlalu respect pada gurunya, lha wong muridnya naik FU / vixion gurunya naik revo kredit. muridnya naik jupeZ gurune naik win (pengalaman pribadi). inilah dunia yang terus berevolusi,,,,

zaman memang telah berganti, menurutku wajar jika guru sekarang bersepeda motor, cuma merasa ada yang kurang aja,,,,

jadi meskipun sebulan sekali aku sempatkan ngonthel, jarak 5 km dengan lintasan tanjakan (lha wong sekolahan di kaki gunung) ditempuh 50 menit, pun sampai sekolahan langsung mandi, ini dilakukan untuk memberikan pelajaran empati, aku bisa cerita kerasnya sadel Vs empoknya jok dan shokbreker win, kalau pake motor tinggal gas namun jika ngonthel harus bener-bener ngluarin tenaga lebih dengan menggowes pedal dulu kalau mau jalan, in the end mengajak siswa menghormati dan berempati pada orang yang “dibawah” kita, bermotor tidak boleh sombong pada goweser, tidak arogan dijalanan.

mari belajar santun pada pejalan kaki dan goweser

mari belajar berempati agar lebih bersyukur dan menjejak bumi

semoga berguna, amin

Iklan
Pos ini dipublikasikan di jaran Sekolah. Tandai permalink.

25 Balasan ke Guru ngonthel dimana engkau?

  1. dolanclinick berkata:

    guru smp pada motoran kabeh

  2. karismalovers berkata:

    semboyan guru sekarang no money no hidup hehehe
    aku juga guru tapi guru les pak bambang

  3. hello berkata:

    curcol ah, kejadian 2 minggu lalu. Biasanya aku brgkt pake motor baru*kredit, tp hr itu aku naik eyang kakung (hondah grand th 90an). Mesinya ampun dh, anjrut2an dtmbh mufler yg dh jebol. Lgkp deh, tp aku ttp cinta dn tetep pake. Saat istirahat, kepala skolah ngajak ke jogja, ada perlu. Jarak +- 25 km. Ijin keluar bentar, padahal mau pulang (jrk rmh sklh sktr 1km an) ganti mtr. Kasian eyang kakung udh g kuat bwt pergi jauh. Eh bgtu smpe sekolah, ane ditinggal rombongan . Cpk dh. Hubungany dg sepeda, dulu ane mau brgkt gawe dg nggowes, tp sering banget disuruh rapat/keluar. Jd ya agk males pake sepeda. Anak2 skrg (sd) jg bnyk yg dianter pake mtr, beda dg masa sd ku 15 th yg lalu, yg brgkt skolah sj kadang g dberi uang jajan

  4. raya berkata:

    guru sd aja ada yang pake mobil..

  5. gaplek mania berkata:

    jamanku sd -smp pak gurunya rata2 naik motor dari vespa,gl100,l2 super ,v75 honda astrea grand.
    udah gak ada yg ngonthel

  6. aku masih ada, jadi bisa share

  7. TDF berkata:

    Perubahan adalah hukum alam pak, tapi biasane guru tetep punya onthel tapi cuma buat jalan2 pagi kalo libur.

  8. rony berkata:

    leres pak bambang..tapi nek ningali guru sing sampun sertifikasi rt2 avanza..hehe..
    slm knal pak

  9. NanaRedPro berkata:

    apalagi gak lama lagi ada pak guru nunggang byson qiqiqiqi
    SALAM KARET BUNDAR™

  10. Maskur berkata:

    saiki onthel = hobby

  11. raiderobie berkata:

    la satu kali rapelan sertifikasi sudah cukup memboyong jaran wesi kinyis2 lo pak bro..

  12. azizyhoree berkata:

    upik upik upik……, pak guru back ground jaran e marai tulisane ga ketok 😦

  13. Darmawan berkata:

    Sekarang guru dah sejahtera, enggan ngonthel, guru yg sertifikasi sanggup beli avanza, tapi masih terdengar keluhan yang uang transport kurang, uang lelah kurang, ini itu..hmm aneh

  14. #99 bro berkata:

    kata orang ilmu itu mahalllll

    makanya guru sekarang bayaranya mahal apalagi di kota ampiunnnnn gurune molbilan….

  15. SkyrideR berkata:

    Guru nya gaul wong punya akun FB juga

  16. agungsevi berkata:

    kita berfikir “apa yang kita berikan” akan lebih baik dari pada “apa yang kita dapat”…
    ngomong doang juga gampang..
    salam damai bro semua..

  17. kang_ulid berkata:

    sbenare pengennya jaln kaki, simpel n ga ribet, tp apa daya skolahku 35km, jd pp 70km. Akhrna naek mtor dach.

  18. mr. sectiocadaveris berkata:

    jadi inget dulu guru sd saya ada yg onthelist, beliau mengajar pendidikan olahraga. selebihnya naik motor semua. sayang sekali cuma beliau satu2nya guru saya yang masih menggunakan onthel. di mata saya onthel simbol kesahajaan sekaligus karakter dan karisma seorang guru
    😀
    salam

  19. Maskur berkata:

    pepatah mengatakan:
    GURU NGONTHEL BERDIRI
    MURID NGONTHEL BERLARI

  20. dnugros berkata:

    itulah efek kemajuan jaman, teknologi ada untuk memudahkan manusia, hingga pada suatu saat nanti jangan kaget kalo manusia akan mengalami ketergantungan dengan namanya teknologi, dan jangan kaget pula efek buruk dari ketergantungan tersebut :-D.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s